-->

ads

in feeds

Iklan Atas Artikel

250x250

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Perwujudan budaya bangsa menuju Indonesia bermakna

Wednesday, July 25, 2012
Maraknya pencurian hak cipta budaya bangsa yang dikukan Negara-negara tetangga, khususnya Malaysia tentu saja mengundang keprihatinan dan emosional berbagai kalangan. Hal ini bisa dibenarkan sesaat, namun permasalahannya adalah dari bangsa kita sendiri yang lebih banyak mengagungkan budaya asing. Budaya daerah yang dianggap kuno atau tradisional kurang diperhatikan, termasuk hak cipta sebagai warisan budaya bangsa. Kurangnya atau tidak adanya keperdulian terhadap budaya sendiri inilah yang kemudian dimanfaatkan Negara asing untuk mengakui dan mengklaim bahwa ini adalah budaya mereka. Dengan leluasa mereka memperkenalkan suatu kesenian yang memang asli bangsa Indonesia sebagai warisan nenek moyang mereka.

Entah keberapa kalinya pencurian hak cipta warisan budaya diklaim oleh Negara tetangga ini, yang bisa berujung pada perpecahan budaya serumpun maupun kerukunan sebagai saudara serumpun. Tindakan yang dilakukan oleh bangsa ini kemudian geram dan marah, lantaran selalu saja Negara yang mengklaim warisan budaya bangsa Indonesia adalah Malaysia yang bisa dikatakan sebagai musuh abadi. Rupanya Negara ini terlalu sibuk dengan urusan korupsi atau ramai-ramai berkorupsi, sehingga ketika pencurian trademark budaya terjadi mereka seolah kebakaran jenggot. Sampai kapankah hal ini akan terjadi, menunggu tanpa adanya perjuangan atau geram tanpa ada tindakan nyata? Biarlah waktu yang menjawab, kita sebagai rakyat kecil nyatanya yang harus melakukan action agar warisan budaya terus dilestarikan. Sementara kita sibuk berkampanye, pemerintah terus saja melakukan tindakan korupsi seolah sudah lupa akan kejadian ini.

Kompetisi atau perlombaan terhadap kesenian daerah perlu dilakukan, agar mereka generasi muda lebih mengenal warisan budaya sejak dini. Tak bisa dipungkiri bahwa masuknya teknologi khususnya televise membawa dampak negative sekaligus positif. Dampak buruknya adalah bahwa generasi muda dicekoki oleh tayangan yang tidak mendidik serta meracuni fikiran, hingga tayangan dewasa pun sering ditampilkan. Sementara dampak positifnya adalah percepatan informasi dari berbagai daerah maupun penjuru dunia. Sejak mengenal teknologi, kini kita bisa mengetahui kejadian luar biasa serta dahsyat yang terjadi di mancanegara, baik itu budaya bangsa lain maupun kegiatan perekonomian. Mari bersama kita jaga budaya bangsa ini, selanjutnya tugas pemerintah untuk segera mematenkan segala jenis budaya warisan leluhur yang harus dijaga bersama untuk dikenalkan terhadap anak cucu kita dibelakang hari. Semangat bersama dalam menjaga persatuan serta budaya tanah air. Ada falsafah bilang bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan mencintai budayanya sendiri. Kalau bukan sekarang

0 comments:

Post a Comment test