-->

ads

in feeds

Iklan Atas Artikel

250x250

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Krisis BBM Bersubsidi, LPG Maupun Biogas Kotoran Sapi Jadi Alternatif Pengganti Bensin

Friday, December 7, 2012
Gas Elpiji Alternatif Pengganti Bensin

Semakin memprihatinkan memang, kondisi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di samping membawa dampak positif juga tak sedikit efek negatif yang ditimbulkannya. Salah satu permasalahan yang dihadapi dewasa ini khususnya Pertamina adalah semakin menipisnya sumber daya mineral yakni minyak bumi  yang ada. Pemicu dari keterlangsungan ini adalah jumlah kendaraan yang diproduksi oleh berbagai pabrikan meningkat drastis beriring dengan daya beli masyarakat yang semakin meningkat. Oleh karena itu, agar kedepan kehidupan manusia bisa berlangsung dengan aman dan nyaman, maka perlu ada langkah nyata dalam penghematan maupun menciptakan energi alternatif yang ramah lingkungan.

Perlu kita ketahui, setiap detik volume sumber daya mineral berkurang dari jumlah yang ada. Karena pada dasarnya memang energi Bahan Bakar Minyak Bumi dan Gas yang dikelola Pertamina termasuk batu bara tidak bisa diperbaharui atau diproduksi ulang menggunakan teknologi. Namun, sebagai makhluk yang berbekal dengan akal pikiran, kita selalu punya ide cemerlang untuk menggali energi alternatif baru maupun yang bersifat modern dengan skala daya lebih besar tentu dengan tidak mengesampingkan sisi keamanan lingkungan.

Beberapa pilihan alternatif energi yang bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidup manusia diantaranya:
1.    Panas Bumi
Merupakan energi alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk digunakan sebagai pembangkit listrik yang berasal dari magma di dalam bumi. Bahwa Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang aktif, tentu saja di dalamnya juga terkandung magma vulkanik yang cukup banyak dan energi panasnya bisa digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik. Dengan kondisi demikian, maka berbagai lingkup dalam pemanfaatan energi yang tadinya hanya sebagai ancaman, kini magma vulkanik atau yang biasa disebut dengan istilah gheotermal/panas bumi bisa digunakan sebagai energi bagi umat manusia.

2.    Biogas dari Kotoran Hewan
Nampaknya ide ini bukan suatu barang baru, karena kita pernah mendengan hal ini beberapa waktu silam. Ide ini dicetuskan lantaran kondisi masyarakat yang sedikit merasa resah dan jijik ketika melihat kotoran sapi yang berantakan dan bau tentunya, agar bisa diolah sedemikian rupa agar bermanfaat. Melihat hal itu, dalam ilmu pengetahuan memang dikenal istilah bahwa bau yang ditimbulkan dari kotoran sapi misalnya mengandung beberapa unsur gas, yakni Metana (CH4), Karbondioksida (CO2), dan O2, H2, H2S. Jenis gas ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan memasak, pembangkit listrik mini, dan gas isi ulang (tentu dengan studi keamanan).

3.    Solar Cell
Energi yang dihasilkan oleh panas matahari bisa kita manfaatkan sebagai sumber energi yang ramah lingkungan. Karena dalam pemanfaatannya panas yang dihasilkan oleh matahari akan diserap kemudian disimpan dalam sebuah accumulator / aki. Hal ini bisa dilakukan sebagai tindakan nyata dalam mengurangi penggunaan BBM, karena tiap individu bisa memilikinya walau saat ini harga sollar cell masih terbilang mahal.
4.    Nuklir
Merupakan sebuah materi atom yang terdiri dari unsur neutron dan proton, dalam penggunaannya memang bisa digunakan sebagai pembangkit listrik hingga senjata pemusnah massal. Terkait dengan hajat hidup orang banyak, kita tentunya bisa memanfaatkan energi nuklir sebagai pembangkit listrik seperti yang sudah diterapkan oleh beberapa negara maju seperti Jepang, China, India, Rusia dan Korea Selatan. Pertamina selaku pemasok energi juga perlu memanfaatkan nuklir ini sebagai pembangkit listrik, karena dari sisi lingkungan lebih hemat tempat dan daya yang dihasilkannya pun cukup besar.


Selanjutnya kita memang harus berfikir serius untuk menghadapi krisis energi secara global, apalagi Pertamina memang dituntut untuk mengedepankan sisi lingkungan dalam penciptaan energi guna kelangsungan hidup manusia. Sobat bumi, ini memang tugas kita semua untuk mulai berinovasi dalam memanfaatkan energi yang ramah lingkungan, agar kelak sumber daya yang sudah menipis ini bisa kita manfaatkan dalam jangka waktu yang lama.



6 comments for Krisis BBM Bersubsidi, LPG Maupun Biogas Kotoran Sapi Jadi Alternatif Pengganti Bensin:

  1. mantap bang tulisannya... semangat terus ya...

    ReplyDelete
  2. oke kang moga dapat tuh berkahnya. aamiin.

    ReplyDelete
  3. :-) salam kenal Gan... super sekali artikelnya :-)
    visit back ke blog aku ya Gan http://bit.ly/Energi131 .. makasih :-)

    ReplyDelete
  4. siap gan semoga apa yang kita sampaikan dalam ulasan ini menambah gagasan baru untuk memproduksi sumber energi pengganti BBM bila terjadi defisit bahkan habis. Energi alternatif tersebut pun diharapkan bisa diproduksi dalam jumlah banyak dan tentu saja ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  5. ide yang bagus untuk bnyak orang dan d saat2 sekarang ini ,,, lanjutkan kak,, sukses ya,,,!!!

    ReplyDelete
  6. Makasih de nasehatnya, ya semoga membawa perubahan untuk semua.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB