-->

ads

in feeds

Iklan Atas Artikel

250x250

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Menjadi Relawan PMI Itu Tetap Bisa Kerja dan Kuliah

Wednesday, June 12, 2013


Melihat dari sudut pandang seorang kawan akan makna relawan bahwa menjadi relawan itu tidak bisa kerja dan kuliah, maka saya putuskan untuk berbagi postingan ini guna mereka pahami. Entah dari sudut pandang mana bahwa relawan itu tidak bisa bekerja ataupun kuliah, tentu ini hal yang keliru dan perlu dijelaskan kepada mereka yang belum memahami tentang konsep relawan itu sendiri.

Relawan yang berasal dari kata "Rela" dan "wan" yang menunjukkan person, maka relawan bermakna dasar seseorang yang dengan rela tanpa paksaan dari pihak manapun atas dasar nuraninya untuk meluangkan waktu, tenaga dan sumbangsih pikirannya guna tugas-tugas kemanusiaan.

Sedangkan makna relawan PMI sendiri seperti yang dijabarkan oleh mas Tri Sugiarto adalah "Ok..anggap ini diskusi aja...menurut aku, yg mendasar kita hrs tahu arti kata relawan dulu stelah itu kita kaitkan dgn kata suka.,jd kalimat suka relawan brarti kumpulan dari relawan2 yg melakukan kegiatan kerelawanan dan dlm tkait kata relawan PMI brarti personal/individu yg dgn sadar tanpa paksaan masuk dlm PMI utk mluangkan waktu,pikiran,tenaga dan matrial mengikuti dan menjalankan proker PMI dgn ikatan waktu yg dtentukan maupun tdk..."
 
Lain lagi dengan mas Seto Handoko yang menjabarkan relawan demikian "relawan adalah mereka yang meng-infaq-kan tenaga, mensedekahkan waktu dan men-zakat-kan profesi....". Tersirat dari statement tersebut bahwa relawan berarti berupaya sepenuh hati memberikan sumbangsihnya berupa daya (tenaga), waktu dan profesi yang bisa diistilahkan kepada sumbangan materi juga (pendapatku sih).
 
Terkait penjabaran bahwa menjadi relawan itu tidak bisa kuliah dan bekerja, ini akan saya kaitkan dengan pemaknaan relawan yang dicetuskan oleh IFRC. Bahwa relawan itu bekerja paruh waktu, artinya hanya beberapa jam saja dalam tiap minggunya ketika bekerja jadi relawan. Hal ini tentu saja bisa dilakukan ketika kegiatan relawan tidak berbarengan dengan aktivitas utama kita seperti kuliah dan bekerja. Jelas ya sampai di sini bahwa menjadi Relawan tetap bisa dilakukan sepanjang tak benturan dengan aktivitas sehari-hari. (Lebih detail bisa lihat gambar di atas).



masukan kode disini


2 comments for Menjadi Relawan PMI Itu Tetap Bisa Kerja dan Kuliah:

  1. dengan membagi waktu, mungkin bs jalan keduanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah selayaknya demikian, management waktu tentunya. Yang jelas kegiatan relawan tidak mengharuskan anda untuk terlibat sepanjang pekerjaan lebih penting, namun manakala ada senggang waktu anda boleh ikut kegiatan relawan. Oke...

      Delete

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB