-->

ads

in feeds

Iklan Atas Artikel

250x250

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Indahnya berbagi Pengetahuan

Sunday, September 7, 2014


Kemarin sore situasi di kios alhamdulillah ramai dan tentu saja ini membawa berkah tersendiri bagi saya, karena selain bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung, saya bisa bertukar pengalaman dengan mereka. Banyak cerita sarat hikmah yang bisa diperoleh dari mereka, baik untuk kehidupan pribadi atau masyarakat luas.

Hal paling menyenangkan adalah ketika mendengarkan paparan mengenai jagat pewayangan, pelanggan saya tersebut menyebutkan bahwa tokoh wayang yakni werkudara merupakan orang biasa yang patuh mengabdi, sederhana namun memiliki ilmu kanuragan yang tinggi. Tokoh wayang yang satu ini memiliki ciri-ciri badan tegap, tinggi besar dan rendah hati.

Saya termasuk orang yang paling suka dengan tokoh wayang satu ini, bahkan di beberapa sudut ruangan saya sering memajang wayang werkudara. Sempat membandingkan dengan cerita mahabarata yang ditangkan Andalas televisi, bahwa gatotkaca merupakan anak dari Bima. Lalu dalam jagat pewayangan tanah Jawa  wayang Gatotkaca merupakan anak dari Werkudara.

Memang dalam cerita pewayangan tanah jawa dengan India, sangat berbeda baik dari segi latar maupun penamaan. Akan tetapi kalau melihat dari unsur cerita yang tidak jauh berbeda, sepertinya memang masih satu rangkaian cerita atau tokoh, hanya saja dalam penggambarannya yang berbeda.

Dalam setiap pementasan pagelaran ringgit purwo sedalu natas, hendaknya kita jangan cuma tertarik melihat cerita wayang karena ramainya, tetapi lebih diambil hikmah atau nasehat/tuntunan yang terkandung di dalamnya. Seperti yang pernah saya dengarkan dari seorang dalang Jogja (Ki Sumantoro Honggo) bahwa wayang itu merupakan tontonan yang harus dijadikan tuntunan guna tatanan dalam kehidupan dunia akhirat.





Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


2 comments for Indahnya berbagi Pengetahuan:

  1. Hm .. benar .. ambil hikmahnya ya Mas ...
    Suami saya ngerti juga wayang dan sdikit filosofinya (kami orang Sulawesi)
    Oya salam kenal ya Mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba, maaf baru berbalas, dan saya sendiri menyukai wayang karena memang ini ajaran wali yang memiliki ribuan makna.

      Delete

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB