-->

ads

in feeds

Iklan Atas Artikel

250x250

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banjir Kembali Melanda Pesawahan Lakbok

Wednesday, June 5, 2013

Sawah Grumbul Menis di Dusun Jatibarang Desa Sindangangin Lakbok Banjar Jawa Barat


Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Lakbok Kota Banjar Jawa Barat selama beberapa hari ini, telah membuat puluhan areal sawah terendam genangan air. Padahal petani baru saja melaksanakan pesta tanam padi dengan komoditi jenis IR64 dan mekongga, sehingga berdampak pada buruknya jenis tanaman padi tersebut termasuk ancaman membusuknya padi tersebut.

Padahal menurut perkiraan cuaca oleh beberapa petani atau menggunakan kalender jawa, saat ini sudah seharusnya memasuki musim kemarau. Tetapi karena perubahan iklim sudah tidak bisa terkendali yang disebabkan oleh pemanasan global yang berdampak secara langsung terhadap iklim tropis dunia. Oleh karenanya petani harus benar-benar bersabar sehingga membutuhkan banyak sekali kesabaran menghadapinya.

 

Sobat tentu tahu kalau sekarang diberbagai daerah juga terjadi banjir bandang yang melibatkan banyaknya rumah warga rusak serta fasilitas umum berupa jembatan pun ada juga yang jebol atau ambrol. Tentu ini sudah menjadi teguran bahwa alam bisa saja marah kepada kita lantaran ulah kita sendiri yang tidak menjaga mereka.

Hutan harusnya kita lindungi bukan hanya sekedar dimanfaatkan hasilnya tetapi tidak dibarengi dengan kepedulian merawatnya. Semoga apa yang kita lakukan ke depan bisa bermanfaat bagi orang lain, dan tentu kita tahu bahwa apa yang ada sekarang merupakan buah dari aktifitas kita di masa lalu. Harus semangat dalam mengemban segala amanat yang ada ya kawan.

Kembali sobat terkait banjir di wilayah kecamatan Lakbok ini, saya berharap masyarakat bisa bersabar dan penuh syukur atas berbagai peristiwa yang terjadi. Tak boleh macam mengeluh atau apapun lantaran semua sudah menjadi kehendak Sang Pencipta, kita orang hanya bisa menerima tetapi bisa bertindak dengan menjaga lingkungan dan ekosistem yang ada biar tetap berjalan seimbang.

2 comments for Banjir Kembali Melanda Pesawahan Lakbok:

  1. bahkan di daerah juga banjir yah bang, hadeuhhh prihatin..

    ReplyDelete
  2. Iya bro ini karena keseimbangan alam akhirnya semua kena dampaknya.. faktor meminimalisir bencana salah satunya ya tanamkan pohon dan tumbuhkan rasa cinta terhadap pohon.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB