-->

ads

in feeds

Iklan Atas Artikel

250x250

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

[Harmoni Indonesiaku-TokoOn.com] Keanekaragaman Budaya Bangsa, Harmoni Indonesiaku

Wednesday, March 20, 2013
Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia merupakan unsur kekayaan yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia itu sendiri. Berbagai keragaman mulai dari tarian, pakaian adat, rumah adat, tata cara bersosialisasi dan bahasa daerah merupakan perlambang bahwa Indonesia tersusun atas begitu banyaknya budaya daerah hingga membentuk satu kesatuan nusantara.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang merupakan suatu objek wisata budaya yang dibangun guna merangkum dari sekian banyaknya budaya daerah menjadi dalam suatu miniatur yang terletak di Jakarta.
 
Objek wisata Taman Mini Indonesia Indah ini sengaja dibangun guna menunjukkan kebhinekaan dam kekayaan budaya bangsa Indonesia. Kawasan objek wisata ini terbilang megah karena pembangunannya menghabiskan puluhan hektar dan dibangun di atas persawahan dan ladang milik rakyat yang kemudian diubah menjadi kawasan TMII.
 
Tujuan utama pembangunan TMII ini antara lain memupuk kecintaan budaya dan membina persatuan bangsa, memperkenalkan budaya, adat-istiadat serta perilaku rakyat Indoesia kepada bangsa sendiri dan masyarakat internasional.
 
Gagasan utama pembangunan ini datang dari Ibu Tien di sebuah pertemuan di Jalan Cendana 8 Jakarta Pusat tertanggal 13 Maret 1970. Saat itu Ibu Tien menyampaikan gagasannya agar dibangun sebuah kawasan yang menggambarkan kemegahan dan keindahan Indonesia dalam bentuk miniatur.
 
Setelah mendapatkan persetujuan akhirnya dibangun Proyek Miniatur Indonesia Indah yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita melalui SK B-104/Pres/8/1971 oleh Presiden Soeharto tanggal 20 Agustus 1970.

Pembangunan tersebut akhirnya selesai dan tanggal 20 April 1975 diresmikan langsung oleh Ibu Tien. Mengenai logo dibuat saat tahun 1990 menggunakan huruf I dan I yang berarti Indonesia Indah. Maskot yang digunakan yakni tokoh Wayang Hanoman bernama NITRA (Anjani Putra).
 
 Sumber Foto: www.flickr.com - Bornjavanese
s




0 comments:

Post a Comment test