-->

ads

in feeds

Iklan Atas Artikel

250x250

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tips Trik Hadapi Ujian Nasional 2013

Thursday, April 11, 2013
Tepatnya senin tanggal 15 April 2013 nanti, para siswa se Nusantara tingkat SLTA baik itu SMA / SMK / MA akan mengikuti Ujian Nasional yang merupakan tolak ukur sejauh mana penguasaan ilmu terhadap materi pelajaran di sekolah selama tiga tahun ke belakang.

Sebetulnya saya tidak sepakat kalau Ujian Nasional menjadikan tolak ukur dari cerdas tidaknya siswa, berkualitas atau tidaknya suatu sekolah lantaran sistem pembelajaran berbeda antara sekolah negeri dan swasta.

Di samping itu pola pembelajaran baik sekolah unggulan maupun sekolah negeri biasa memiliki komitmen yang berbeda dalam mendidik para siswa siswinya. Sehingga dengan penerapan metode pembelajaran yang berbeda walau kurikulumnya sama tetap ada kesenjangan dalam sistem pendidikan.

Perbedaan mencolok tentu saja apabila kita bandingkan antara sekolah di perkotaan yang memiliki peralatan bantu belajar murid yang sangat lengkap. Sementara sekolah yang berada di luar jawa khususnya seperti Papua maupun daerah terpencil lainnya, mereka para murid maupun para guru harus belajar dengan peralatan seadanya dan juga harus menempuh jarak yang sangat jauh hanya untuk sekolah.

Lalu tips dan trik apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi Ujian Nasional 2013 tahun ini? Langkah pertama kita harus berlatih soal setiap hari, saran saya beli buku yang berisi soal-soal Ujian Nasional tahun sebelumnya.

Terbukti bahwa saat saya sering berlatih soal Ujian Nasional tahun sebelumnya, banyak ada beberapa bahkan soal Ujian Nasional yang masuk. Sehingga memudahkan saya dalam mengerjakan soal, dan di samping itu dengan berlatih setiap hari menambah kemampuan dan wawasan kita.

Selanjutnya kita pasrahkan semuanya kepada sang pencipta dan terus berdoa. Tawakal atas segala upaya kita merupakan tingkat lanjutan yang sangat penting karena usaha tanpa doa sombong, sementara doa tanpa usaha adalah bohong. Sukses buat adik-adikku tingkat SLTA yang akan mengikuti ujian nasional nanti.

0 comments:

Post a Comment test